Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs


-
Kamis, 17 Oktober 2013

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember





Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau biasa disebut dengan FKIP mempelajari tentang ilmu pendidikan dan belajar tentang cara mengajar dengan baik seperti guru dan dosen. FKIP Universitas Jember mempunyai 3 gedung. Gedung 1 terletak disebelah barat masjid Universitas Jember, gedung 2 terletak di Jalan Patrang sedangkan gedung 3 terletak di sebelah timur Fakultas Hukum. Di FKIP gedung 3 mempunyai 4 program studi, yaitu program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ), program studi pendidikan Biologi dan Program studi Pendidikan Fisika, Program studi pendidikan matematika, serta program studi pendidikan bahasa Inggris serta program studi pendidkan bahasa dan sastra Indonesia. FKIP Gedung 3 mempunyai Gedung akademik yang sangat bagus. Tempat parkir sepeda motor mahasiswanya pun luas sekitar 50 x 30 meter karena mahasiswa untuk Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan banyak. Cukup banyak peminat yang masuk di FKIP Universitas Jember, bukan ? Tempat parkir mobil dosen FKIP Universitas Jember juga sangatlah luas, bahkan bisa digunakan outbond pada saat melaksankan acara tertentu.namun sayangnya tempat parkir sepeda motot untuk dosen tidaklah seluas tempat parkir sepeda motor untuk mahasiswa. Di FKIP Universitas Jember memiliki taman yang terdapat meja dan kursi yang terbuat dari batu. Di taman tersebut banyak mahasiswa yang berkumpul untuk mengerjakan tugas kelompok atau hanya sekedar untuk mengobrol. Di FKIP Universitas Jember juga disediakan fasilitas free WiFi guna untuk melakukan Kegiatan Rencana Studi ( KRS ). Namun, mahasiswa FKIP Universitas Jember juga menggunakan free WiFi tersebut untuk mencari bahan untuk tugas kuliah atau hanya sekedar mencari informasi menarik di Internet. Di belakang program studi Pendidikan Matematika terdapat lapangan basket yang juga bisa digunakan lapangan futsal. Didepan gedung program studi Pendidikan matematika terdapat kantin milik Pendidikan Ekonomi
Pada masing gedung program studi memiliki toilet, mushola dan kantin. Namun sayangnya, hanya di gedung program studi pendidikan bahasa Inggris serta bahasa dan sastra Indonesialah yang tidak memiliki kantin. Di program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar    ( PGSD ) terdapat 8 ruang kuliah, di program studi pendidikan biologi terdapat 9 ruang kuliah, di program studi pendidkan matematika terdapat 8 ruang kuliah, di gedung program studi pendidikan fisika terdapat 10 ruang kuliah, di program studi pendidikan bahasa Inggris terdapat 10 ruang kuliah dan di program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia terdapat 10 ruang kuliah. Di gedung akademik terdapat ruang dosen. Ruang dosen untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) terletak di lantai 3, ruang dosen untuk Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia terletak di lantai 2, ruang dosen untuk pendidikan bahasa Inggris terdapat di lantai. Namun ruang dosen untuk pendidikan Matematika terdapat di gedung program studi pendidikan Matematika dan untuk ruang dosen pendidikan Fsika terdapat di gedung program studi pendidikan Fisika.

Pengetahuan Yang Didapat di FKIP
FKIP mengajarkan tentang ilmu ilmu pendidikan sesuai dengan bidang program studi masing masing, selain itu mahasiswa FKIP juga diajarkan bagaimana bersosialisai agar proses ngajar mengajar manjadi efektif selain itu juga masih diajarkan ilmu pendukung lainnya seperti statistika dan manajemen pendidikan.
Adapun Fungsi pendidikan yang didapan di FKIP  Universitas Jember berikut  :
1.      Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
2.      Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
3.      Menjamin integrasi sosial.
4.      Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
5.      Sumber inovasi sosial.




Pekerjaan Lulusan FKIP
Lulusan FKIP mayoritas 90 % langsung kerja menjadi seorang guru mulai dari tingkat dasar hingga sekolah tingkat atas. Argumen tersebut bukan hanya iklan melainkan benar adanya kerena pemerintah Indonesia sedang mengalakkan pembangunan daerah. Dengan demikian kebutuhan tenaga pengajar semakin meningkat. Selain lulusan FKIP juga bisa menjadi dosen dan peneliti dengan ruang lingkup pendidikan selain itu juga bisa menjadi seorang tentor di bimbingan belajar.  


0 komentar:

Posting Komentar